Menurut World Bank (2016) inklusi keuangan didefinisikan
sebagai akses terhadap produk dan layanan jasa keuangan yang bermanfaat dan
terjangkau dalam memenuhi kebutuhan masyarakat maupun usahanya dalam hal ini
transaksi, pembayaran, tabungan, kredit dan asuransi yang digunakan secara
bertanggung jawab dan berkelanjutan. Dari berbagai definisi yang ada, dapat
disimpulkan bahwa unsur yang berperan dalam inklusi keuangan adalah akses,
ketersediaan produk dan layanan jasa keuangan, penggunaan, serta kualitas.
Data survei OJK pada 2022 mencatat tingkat inklusi keuangan Indonesia tahun 2022 yaitu 85,10%. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan Industri Jasa Keuangan dan lembaga-lembaga terkait terus berupaya untuk meningkatkan inklusi keuangan dan pemerataan kesejahteraan melalui penyelenggaraan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) yang di selenggarakan setiap tahun di bulan oktober. PT Orico Balimor Finance sebagai salah satu industri jasa keuangan di Indonesia turut serta berpartisipasi dan mendukung penuh dalam kegiatan Bulan Inklusi Keuangan yang dilaksanakan selama bulan Oktober 2023. Dalam pelaksanaanya, PT Orico Balimor Finance memberikan promo diskon biaya admin kepada konsumen yang mengajukan pembiayaan mobil baru melalui PT Orico Balimor Finance khususnya di wilayah Bengkulu serta promo reward berupa voucher belanja untuk wilayah tertentu. Melalui pemberian promo ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan ketertarikan masyarakat dalam memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan.